Belajar Mengenal Lingkungan Sederhana


Hari ini usiaku 3 tahun dan mendapatkan pembelajaran yang sederhana dari seorang kakek yang sudah tua renta dengan gaya hidup sederhana. Dia adalah kakeku yang telah berjasa dalam kehidupan keluarga kami. Dia seorang laki-laki sederhana, polos dan pendidikan rendah dimana masa kecilnya sangat sulit dan tidak seperti yang aku alami sudah tersedia apa saja. Kakekku namanya I Nengah Sundra lahir tahun 1923 dan pada usiaku saat ini dia masih kelihatan sehat walapun dia perokok berat. Aku merasa bangga punya seorang kakek walaupun dia sudah kehilangan instri pada saat aku masih bayi dan aku tidak sempat merasakan kasih sayang neneku karena aku belum bisa merasakannya. Ingin rasanya ketemu sama nenek namun sekarang aku hanya bisa menatap beliau lewat photo di dinding Bangunan Bale di rumahku.

Belajar ke Alam

Pagi yang cerah di sebuah desa Beraban, dekat dengan Tanah Lot adalah sebuah objek wisata yang sangat terkenal di Bali maupun di mancanegara. Bersyukur aku dilahirkan disini karena alamnya masih hijau dan asri. Hari ini, kakek mengajak aku ke sawah dimana dia masih memelihara sapi di salah satu petak sawah yang telah dikeringkannya. Aku merasa gembira sekali karena aku jarang mendapatkan kesempatan untuk jalan-jalan ke sawah. Kakekku dengan sekuat tenaga telah menggendong aku untuk diajak jalan-jalan dan aku merasa kaget setelah sampai di gubuknya dimana ada seekor sapi di sana. Namun baunya minta ampun dan aku merasa jijik sekali dan aku tidak merasa kuat bernafas. Namun kakekku kembali menggendong aku dan langsung menuju kandang yang bau...Yaaa ampunnnn bau sekali dan sapi kelihatan terkejut melihat kehadiran kita. Aku merasa takut sekali namun kakekku selalu bilang "Tenang dan tidak apa-apa". Tanganku dijulurkannya ke tanduk sapi tersebut dan aku merasa takut, namun lama kelamaan aku merasa senang dan berani jadi akhirnya aku berani memegang sapi tersebut. Apa yang aku dapat dari perjalanan hari ini adalah sebuah pengalaman sekaligus pelajaran yang sangat berharga dimana "awal pekerjaan harusnya dimulai oleh sebuah keyakinan. Rasa takut adalah awal dari kegagalan" 

Kesimpulanku

dari perjalananku di atas dapat aku simpulkan sebagai berikut:
Buanglah rasa takut mu sebelum kamu pernah mencobanya, Yakinlah pada dirimu sendiri sebelum kamu meyakini omongan orang lain.

Semoga blog ini berguna untuk para pembaca "Om shanti, shanti, shanti Om"

Belajar Menyentuh Sapi
Lewat Kotoran Sapi
Kakek Lagi Istirahat
Nang Roni
Ya Ampun Bauuuuu!!
Aku sama Kakek
Mengenal Sapi
Kakek Merokok
Kakek dan Kopi
Share on Google Plus

About Kerta Sedana Transport

Roni Family adalah sebuah keluarga sederhana yang tinggal di sebuah desa di bagian barat pulau Bali dengan berbagai kegiatan sehari-hari seperti keluarga orang Bali pada umumnya. Kami berharap semoga blog kami dapat memberikan informasi atau pencerahaan bagi siapa saja yang telah mengunjunginnya. Atas kunjungan anda kami mengucapkan banyak terimakasih .
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment