Taman Air Kerajaan Tirta Gangga

Sejarah Taman Air Tirta Gangga

Lokasi selanjutnya yang kami kunjungi adalah Taman Air Tirta Gangga. Tirta Gangga merupakan sebuah taman air kerajaan yang terletak di kaki Gunung Agung, jadi memiliki suasana yang sejuk. Konon objek wisata ini dibangun oleh raja Karangasem yaitu Anak Agung Ngurah Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1946. Nama Tirta Gangga, berasal dari kata tirta yang artinya air suci dan gangga yang diambil dari nama sungai di India. Setelah kurang lebih 20 tahun didirikan komplek taman tirta gangga ini hancur yang disebabkan oleh letusan gunung Agung tepatnya pada tahun 1963. Akan tetapi pemerintah Karangasem saat itu membangunnya kembali untuk kawasan objek wisata.Yang menjadi daya tarik wisatawan adalah kolam ikan dimana di tengah kolam tersebut terdapat banyak patung prajurit / ksatria yang memegang gada. Terdapat tempat untuk berjalan diatas kolam tersebut terlebih lagi anda dapat melihat ikan hias dan dasar dari kolam.
     
Selain itu ada satu buah candi yang menjulang tinggi di bagian kanan. Air di taman ini sangat jernih dan sejuk, karena air kolam berasal dari mata air bukan dari air olahan. Mata air di taman Tirtagangga oleh masyarakat lokal dianggap sebagai air suci. Digunakan dalam upacara keagamaaan di daerah sekitar taman Tirtagangga. Anda dapat merasakan sejuknya air disana dengan berenang dikolam yang telah disediakan. Biaya masuk yang dikenakan sebesar Rp 10.000 untuk wisatawan domestik. Setelah lelah berenang kami mengisi perut yang sudah keroncongan di restaurant terdekat. Kemudian melanjutkan ke Bali Chocolate Factory dimana terdapat sebuah pabrik serta perkebunan cokelat dan uniknya tempat ini terletak di tepi pantai.

Pabrik Cokelat Pinggir Pantai Desa Jasri

Tempat ini konon dimiliki oleh seorang berwarga negara asing bernama Charlie, mungkin beliau terinspirasi dari Charlie And The Chocolate Factory. Jalan untuk memasuki objek wisata tersebut memang belum menggunakan jalan beraspal, namun masih layak untuk dilewati. Hal menarik dari Bali Chocolate Factory ini adalah bentuk rumah atau pabriknya yang cukup unik. Ada juga model kapal besar dengan anjungannya yang bisa kamu naiki. Ayunan besar yang tergantung di antara dua pohon kelapa yang bisa kamu mainkan dengan bonus view langsung ke pantai.

Photo Gallery


Share on Google Plus

About Unknown

Roni Family adalah sebuah keluarga sederhana yang tinggal di sebuah desa di bagian barat pulau Bali dengan berbagai kegiatan sehari-hari seperti keluarga orang Bali pada umumnya. Kami berharap semoga blog kami dapat memberikan informasi atau pencerahaan bagi siapa saja yang telah mengunjunginnya. Atas kunjungan anda kami mengucapkan banyak terimakasih .
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment