Tirta Yatra Pura Pedarman Arya Kanuruhan Besakih

Tirta Yatra Pura Pedarman Arya Kanuruhan Besakih


Pura Pedarman Arya Kanuruhan Besakih adalah sebuah pura kawitan yang letaknya di paling atas sebelah kanan dari pura pedarman yang lainnya. Pura Pedarman Arya Kanuruhan adalah sebuah tempat suci untuk memuja leluhur terutama oleh semua keturunan Arya Kanuruha . Didalam keturunan Arya Kanuruhan, ada tiga kelompok klan memuja di tempat ini yaitu Arya Brang Singa, Arya Tangkas Kori Agung dan Arya Pegatepan. Pura ini letaknya paling atas memberikan pemandangan yang indah dan kita dapat melihat Pura Kawitan lain di bawahnya. 

Saat Tirta Yatra ke Pura Pedarman Arya Kanuruhan 

Pada suatu hari, saya dan keluarga melakukan Tirta Yatra ke Besakih. Saya pertama kalinya pergi ke Pura Pedarman Arya Kanuruhan . Untuk pergi kesana, kita harus menaiki banyak anak tangga dan melewati Pura Kawitan lainnya. Setelah sampai di pura tersebut, kita dapat melihat pemandangan yang sangat bagus. Setelah itu, kami melanjutkan sembahyang ke pura utama di Besakih dengan memuja kebersaran Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Puranya sangat megah dan luar serta Gunung Agung yang gagah perkasa dapat dilihat dari tempat ini. Setelah selesai, kami menuruni puluhan anak tangga dan melihat banyak wisatawan asing yang dating ke pura ini. Kami juga melihat ada wisatawan asing yang melakukan persembahyangan sesuai cara Hindu Bali. Akhirnya, kami mengakhiri perjalanan kami dan langsung pulang ke rumah.  

Fasilitas di Kawasan Pura Besakih

Kawasan Pura Besakih memiliki fasilitas public seperti tempat parkir, warung makanan dan minuman, kamar kecil dan tempat beristirahat. Banyak wisatawan asing yang pergi ke tempat tersebut untuk melakukan tour dan bagaimana dengan teman-teman lainnya? 

Lokasi Pura Besakih 

Pura Besakih berada di Desa Besakih kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Dari Denpasar, kita membutuhkan 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan. Sepanjang perjalanan kesana, kita dapat menikmati pemandangan yang indah terutama di Bukit Jambul. Sementara, Pura Besakih letak nya di kaki Gunung Agung, sebuah gunung terbesar di Bali. Disamping pemandangan yang sangat cantik, Pura Besakih juga dikelilingi oleh udara yang sangat sejuk dan dingin di malam hari.


VIDEO

Share on Google Plus

About Unknown

Roni Family adalah sebuah keluarga sederhana yang tinggal di sebuah desa di bagian barat pulau Bali dengan berbagai kegiatan sehari-hari seperti keluarga orang Bali pada umumnya. Kami berharap semoga blog kami dapat memberikan informasi atau pencerahaan bagi siapa saja yang telah mengunjunginnya. Atas kunjungan anda kami mengucapkan banyak terimakasih .
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment