Pura Pucak Sangkur - Bedugul Bali Dengan Pemandangan Danau Beratan

PURA PUCAK SANGKUR, SEBUAH PURA DI KAWASAN HUTAN LINDUNG BEDUGUL BALI

Pura Pucak Sangkur adalah sebuah pura yang dibangun di atas Bukit Sangkur dengan pemandangan keren ke Danau Beratan. Pura ini berlokasi di hutan lindung Bedugul Bali dengan arsitektur gaya Bali. Sementara itu, suasana udara segar dengan hutan lebat disekelinginya menambah pesona pura ini. Pura yang dibangun untuk memuja kebesaran Dewa Siwa ini telah banyak dikunjungi oleh umat Hindu di Bali maupun luar Bali. Jadi, jikalau kita melakukan kegiatan Tirta Yatra ke daerah Bedugul, anda wajib datang ke tempat ini.


LOKASI PURA PUCAK SANGKUR

Pura ini berlokasi di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Lokasinya berada di kawasan objek wisata Bedugul yang sudah terkenal di dunia. Ini hanya berjarak sekitar 200 - 300 meter di utara Danau Beratan. Karena lokasi di daerah pegunungan, maka udara atau temperatur di kawasan ini relative dingin dan berkabut pada sore hari. Untuk itu, perlu kiranya anda menyiapkan diri dengan membawa jaket atau perlengkapan lainnya. Selain itu, lokasi pura ini berdekatan dengan objek wisata lainnya yang sudah terkenal seperti Pura Ulun Danu, Danau Beratan, Kebun Raya Eka Karya, Danau Tamblingan, Danau Buyan dan Bali Handara Golf.

PEMANGKU PURA PUCAK SANGKUR

Untuk melakukan puja bakti di Pura Pucak Sangkur, seyogyanya dipimpin oleh pemangku setempat. Bagi anda yang mau melakukan kegiatan Tirta Yatra ke pura ini terlebih-lebih bukan rahina penting atau pujawali, sebaiknya anda meminta bantuan pemangku setempat untuk memimpin persembahyangan kalian. Rumah pemangku pura ini berlokasi dekat dengan pura. Atau, anda dapat meminta bantuan penduduk setempat untuk menemukan rumah beliau.


PUJAWALI PURA PUCAK SANGKUR

Piodalan atau Pujawali Pura Pucak Sangkur jatuh pada Hari Raya Pagerwesi. Biasanya, pemedek berduyun-duyun datang ke pura ini untuk melakukan puja bakti kepada tuhan dengan membawa canang atau aturan. Mereka datang mulai pagi hari sampai malam hari kendatipun temperature udara cukup dingin. Hal ini tidak menyurutkan niat mereka untuk datang ke pura ini.

FASILITAS UMUM

Untuk sementara, pura ini hanya memiliki area parkir yang tidak begitu luas. Dan juga, akses masuk ke area pura ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan sepeda motor dan roda empat saja. Untuk itu, kendaraan Bus belum bisa masuk dan bahkan harus parkir di jalan utama Denpasar - Singaraja. Fasilitas lainnya seperti toilet sudah disiapkan di kawasan ini dan keberadaan warung penjual makan dan minuman telah melengkapi fasilitas pura ini.

VIDEO



PHOTO GALLERY





Share on Google Plus

About Ketut Suparta

Roni Family adalah sebuah keluarga sederhana yang tinggal di sebuah desa di bagian barat pulau Bali dengan berbagai kegiatan sehari-hari seperti keluarga orang Bali pada umumnya. Kami berharap semoga blog kami dapat memberikan informasi atau pencerahaan bagi siapa saja yang telah mengunjunginnya. Atas kunjungan anda kami mengucapkan banyak terimakasih .
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment