Balinese 3 Months Baby Ceremony - Made Naura

UPACARA 3 BULANAN MADE NAURA - BALINESE 3 MONTHS BABY CEREMONY

Upacara 3 bulanan Made Naura telah berlangsung dengan lancar. Anak kedua dari I Wayan Kerta Sedana dan Nyoman Alit ini kelihatan menikmati acara tersebut. Upacara yang berlangsung 2 hari dimana hari pertama dilakukan dengan upacara Ngangkid di Pantai Tanah Lot. Sementara hari kedua dilaksanakan di rumah.  Upacara 3 bulanan bayi ini bertujuan untuk mensucikan bayi dari pengaruh-pengaruh buruk atau pengaruh bawaan lahir. Disamping itu, bayi yang sudah berumur 3 bulan lebih sudah mulai mengenal panca indra. Maka dari itu, pengenalan kehidupan dunia diilustrasikan dalam upacara yadnya yang lebih umum disebut dengan Upacara Telubulanan. 

GALLERY TIGA BULANAN MADE NAURA









UPACARA TELUBULAN 105 HARI

Upacara Telubulanan ini biasanya jatuh pada 105 hari atau dapat dilakukan sesuai dresta dan adat setempat. Upacara ini juga dapat dilakukan belakangan dengan waktu yang tidak ditentukan apabila pasangan keluarga belum memiliki biaya untuk menjalankan upacara tersebut. Banyak kita temukan anak-anak yang usianya bukan lagi 3 bulan dapat diupacarai dengan Upacara Telubulanan. Dan bahkan, ada di beberapa desa di Bali melaksanakan upaara ini bersama-sama (secara masal) guna meringankan biaya bagi orang tua bayi. 

UPACARA TELUBULAN MENURUT DRESTA DAN ADAT SETEMPAT

Upacara ini tidaklah sama antara satu desa dengan desa lainnya. Hal ini tergantung dari dresta dan adat yang berlaku di masing-masing desa. Ada beberapa desa tidak melakukan upcara 3 bulanan dengan sekala besar, melainkan mereka melakukan upacara besarnya pas saat otonan (hari ulang tahun menurut kalender Bali). Banyak juga warga Hindu di Bali saat ini mengambil langkah praktis untuk melakukan upcara telubulanan ini di griya mereka masing-masing dengan level upacara yang sederhana. Namun, inti dari upacara ini tetaplah sama. 

Share on Google Plus

About Ketut Suparta

Roni Family adalah sebuah keluarga sederhana yang tinggal di sebuah desa di bagian barat pulau Bali dengan berbagai kegiatan sehari-hari seperti keluarga orang Bali pada umumnya. Kami berharap semoga blog kami dapat memberikan informasi atau pencerahaan bagi siapa saja yang telah mengunjunginnya. Atas kunjungan anda kami mengucapkan banyak terimakasih .
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment