Rejang Renteng PKK Batanbuah Kaja di Pura Dalem

Persembahan Tari Rejang Renteng PKK Batanbuah Kaja di Pura Dalem Prabu

Tari Rejang Renteng adalah tari Wali terbaru diciptakan oleh seniman Bali untuk mengiringi jalannya prosesi upacara Dewa Yadnya di Pura. Dalam rangkaian upacara Karya Ngenteg Linggih di pura dalem Prabu maka BKK Batanbuah Kaja mendapat kesempatan untuk mempersembahkan tari rejang renteng. Penari yang terdiri dari ibu-ibu PKK sekitar 40 orang menyajikan tarian yang indah tersebut tepat di depan Pura Dalem Prabu. Nyoman Haryati dan Sri Purnami juga ikut berpartisipasi dalam tari rejang renteng tersebut.

Penari Tari Rejang Renteng

Seperti pada umumnya, penari Rejang Renteng tersebut ditarikan oleh para ibu PKK di banjar setempat. Maka dari itu peserta penari tari rejang renteng diambil dari ibu ibu rumah tangga. Ada sekitar 40 penari yang menarikan tarian tersebut dengan lemah lunglai sehingga menampilkan gerakangerakan yang sangat indah. Mereka berpakaian seragam menggunakan pakaian adat Bali dengan tata rias yang cantik sehingga menambah keindahan tari tersebut.

Fenomena Tari Rejang Renteng

Sekarang ini tari rejang renteng merupakan sebuah fenomena karena tarian tersebut sangat terkenal dan digandrungi oleh ibu-ibu PKK. Di setiap acara keagamaan terutama Dewa Yadnya maka tarian tersebut sudah dipastikan diselenggarakan. Tarian Rejang renteng biasanya ditarikan di setiap upacara Dewa Yadnya di Pura. Bukan hanya di Bali saja Bahkan di luar daerah tarian Rejang renteng sudah mulai dicarikan terutama oleh umat Hindu di seluruh Nusantara. Semoga dengan tarian Rejang renteng ini nilai seni estetika dan etika dalam tarian serta beryadnya dapat terus berkembang dan menciptakan keharmonisan alam semesta.














Share on Google Plus

About Ketut Suparta

Roni Family adalah sebuah keluarga sederhana yang tinggal di sebuah desa di bagian barat pulau Bali dengan berbagai kegiatan sehari-hari seperti keluarga orang Bali pada umumnya. Kami berharap semoga blog kami dapat memberikan informasi atau pencerahaan bagi siapa saja yang telah mengunjunginnya. Atas kunjungan anda kami mengucapkan banyak terimakasih .
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment