Upacara Mendak Siwi Desa Beraban

Upacara Mendak Siwi Karya Agung Pura Dalem Prabu Desa Beraban

Upacara mendak Siwi adalah sebuah rangkaian upacara Yadnya dalam rangka Karya Agung di sebuah pura di Bali. Pada hari Sabtu 17 Juni 2018, seluruh warga desa adat Beraban turun tumpah ruah di jalan raya dan menuju Pura Dalem Prabu yang terletak di tengah-tengah desa. Semua warga berpakaian putih bersih dan memakai Kamen yang serasi baik perempuan maupun laki-laki untuk mengiringi jalannya upacara mendak Siwi. Upacara mendak Siwi dimulai pada pukul 01.00 siang semua warga telah berkumpul di pura dalem Prabu. setelah pemberkatan di Pura Prabu warga berangkat ke pura Beten Bingin untuk memanjatkan doa serta mengambil pelinggihan Ida Betara dan sarana upacara lainnya.

Parade Deeng, Baris Gede Dan Iring-iringan Ida Betara

Prosesi jalannya upacara mendak Siwi adalah sangat unik dan indah. Masyarakat Beraban yang sudah turun tumpah ruah di jalan raya membawa prasarana upacara dan ada pula yang mundut pelinggihan Ida Betara berbaris rapi sepanjang jalan dari pura Beten Bingin menuju Pura Dalem Prabu. Dalam iring-iringan tersebut, terlihat pula Barisan Deeng (sebuah barisan yang terdiri dari Pemuda dan Pemudi desa adat Beraban yang berpakaian adat Bali). Selain itu, ada pula baris gede yang mengiringi Ida Betara ke pura dalem Prabu.

Tari Rejang Dewa dan Rejang Renteng

Upacara mendak Siwi kali ini juga diiringi oleh tarian Bali yaitu tari Rejang Dewa yang ditarikan oleh putri-putri yang masih belia dan cantik. Sebagai penutup acara sebuah tarian baru yaitu Rejang renteng yang ditarikan oleh ibu PKK dari salah satu Banjar di desa adat Beraban. Kendatipun cuaca sangat panas, Kami tetap merasa senang dan bersyukur atas jalannya upacara tersebut dan semoga Ida Sanghyang Widhi Wasa memberikan berkahnya kepada seluruh umat manusia yang ada di alam raya ini.









Share on Google Plus

About Ketut Suparta

Roni Family adalah sebuah keluarga sederhana yang tinggal di sebuah desa di bagian barat pulau Bali dengan berbagai kegiatan sehari-hari seperti keluarga orang Bali pada umumnya. Kami berharap semoga blog kami dapat memberikan informasi atau pencerahaan bagi siapa saja yang telah mengunjunginnya. Atas kunjungan anda kami mengucapkan banyak terimakasih .
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment