Jalan Santai di Sawah

 Jalan Santai di Sawah Sambil Menikmatin Suasana Desa Beraban


Desa Beraban Kecamatan Kediri adalah sebuah desa yang masih asri dengan bentangan sawah hijau dari ujung desa sampai tepi laut. Demikian pula kehidupan masyarakatnya masih tergantung kepada lahan pertanian kendatipun desakan dari kemajuan pariwisata. Sehingga, pemandangan cantik alam desa masih dapat kita nikmati sampai saat ini. Hari ini, saya bersama cucu saya Putu Nadine menikmati suasana sore di desa kami sambil jalan-jalan di sawah untuk mendapatkan udara segar. Hal ini sekaligus menghilangkan rasa jenuh dan kebisingan kota dimana tempat kita mencari nafkah. Sungguh kuar biasa karena alam desa Beraban masih terjaga dan kita bisa menikmatinya dengan tenang.




Desa Beraban dalam Perkembangan Menjadi Desa Wisata

Kemajuan pariwisata Bali saat ini telah memberikan banyak dampak positif, kendatipun demikian ada pula dampak negatifnya. Pengembangan destinasi terus dikembangkan oleh pemerintah dan dan stick holder lainnya untuk menopang perekonomian masyarakat Bali. Seperti yang dilakukan di desa Beraban, desa ini sedang mengembangkan wisata desa dengan menggali potensi kearifan lokal setempat. Ada beberapa kelebihan yang menjadi potensi bagus untuk pengembangan wisata desa dan salah satunya adalah keindahan alamnya. Disamping itu, fasilitas publik dan akses sudah dibangun dengan perancangan yang bagus. Sehingga, desa Beraban nantinya menjadi salah satu desa wisata untuk wisatawan asing maupun domestik. Sementara ini, pengembangan wisata tersebut sudah dimulai dengan membuka akses wisata Pantai Nyanyi, trekking atau jogging track melalui persawahan yang panjangnya hampir 5 km dan sangat bagus pula untuk cycling adventure atau petualangan bersepeda. Disamping itu, fasilitas olahraga seperti lapangan sepak bola, bola volley dan basket sudah tersedia dalam kondisi sangat bagus. Jadi itu semua merupakan cikal bakal pengembangan desa wisata di desa Beraban.


Jalan Desa di Persawahan

Jalan-jalan di tengah sawah adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Lebih-lebih kita lakukan di sore hari sambil menikmati suasana sunset. Udara segar dan pemandangan sawah akan memberikan ketenangan bagi kita sambil melihat burung yang bebas terbang dilangit. Disamping itu, kita juga dapat melihat petani yang giat bekerja disawah sambil membajak sawahnya. Hemmm ini benar-benar pemandangan yang luar biasa di jaman modernisasi saat ini.









Share on Google Plus

About Ketut Suparta

Roni Family adalah sebuah keluarga sederhana yang tinggal di sebuah desa di bagian barat pulau Bali dengan berbagai kegiatan sehari-hari seperti keluarga orang Bali pada umumnya. Kami berharap semoga blog kami dapat memberikan informasi atau pencerahaan bagi siapa saja yang telah mengunjunginnya. Atas kunjungan anda kami mengucapkan banyak terimakasih .
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment