Ngaben, Cremation Ceremony Part 3

Ini lanjutan video yang kami rekam dalam medelokan kerumah ipar kami yaitu Ketut Badra yang berlokasi di Desa Bengkel, Banjar Bengkel Kawan, Kediri, Tabanan - Bali. Perjalanan mengantar mayat ke setra atau kuburan kali ini sangatlah jauh kurang lebih 2 jam dengan jalan kami. Akan tetapi, masyarakat setempat atau Krama Adat Br. Bengkel Kawan sangatlah kompak dan bersemangat kendati medan yang harus dilewati sangat panas dan naik turun serta menggotong wadah dan gamelan. Perjalanan kali sangat mengesankan dimana kami dapat menyaksikan secara utuh perjalanan orang Ngaben atau Cremationa Ceremony yang sudah terkenal di manca negara itu. 
Proses kali ini adalah perjalan di jalan yang naik turun sampai tiba di kuburan yang mana lebih dikenal dengan istilah Setra. Setra untuk Banjar Bengkel Kawan terletak di desa Sudimara yang mana hanya berlokasi di sebelah barat Banjar Bengkel akan tetapi di halangi oleh sungai yang sangat dalam. Sesampai dikuburan, mayat mulai di turunkan oleh krama ke tempat pembakaran mayat yang lebih dikenal dengan istilah Pemuun. Setelah di upacarai dan di berikan tirta, lalu mayat sudah bisa dibakar. Proses pembakaran itu sendiri memakan waktu sekitar 2 jam sampai tulang - tulang habis terbakar. Setelah proses pembakaran, tibalah Ida Pendanda Istri yang kebetulan muput upacara ini sehingga abu dari mayat tersebut dapat dibuang ke sungai dan selanjutnya di tebus dengan proses Ngukur. Akan tetapi kami tidak bisa menampilkan proses sampai ngukur karena terhalang waktu.
Share on Google Plus

About Kerta Sedana Transport

Roni Family adalah sebuah keluarga sederhana yang tinggal di sebuah desa di bagian barat pulau Bali dengan berbagai kegiatan sehari-hari seperti keluarga orang Bali pada umumnya. Kami berharap semoga blog kami dapat memberikan informasi atau pencerahaan bagi siapa saja yang telah mengunjunginnya. Atas kunjungan anda kami mengucapkan banyak terimakasih .
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment