Ketut Badra Family | Ngaben Cremation Ceremony

Upacara Ngaben Keluarga Ketut Badra - Bagian 2


Hari Senin tanggal 05 Oktober 2009, kami sekeluarga berkunjung lagi (medelokan) sehubungan dengan hari palebonan atau puncak upacara ngaben ibu dari I Ketut Badra, ipar kami. Upacara  ini dimulai pukul 08.00 am, dimana kesibukan sudah mulai nampak baik dari pihak keluarga dan warga banjar setempat. Persiapan untuk membawa jenasah sudah mulai dipersiapkan dan kali ini Keluarga Ketut Badra mengabil tingkatan upacara Ngaben yaitu tingkatan Nista. Sesuai tradisi daerah setempat bahwa jenasah yang diaben harus dibakar dan jauh berbeda dengan daerah kami bahwa setiap jenasah yang diaben tidak boleh di bakar, tapi dikubur seperti biasa dan biasanya dibuatkan Preteka/simbol dari tanah kuburan berupa orang-orangan dan lal dibakar. Prosesnya hampir sama hanya perwujudannya berbeda.

Perjalanan membawa jenasah kali ini sangatlah jauh dan melelahkan dimana kita melewati perjalan naik turun beberapa kali selama 2 jam. Hal ini disebabkan karena jembatan penghubung Banjar Bengkel dengan Desa Sudimara putus dan sedang diperbaiki. Akan tetapi semangat Krama Adat Banjar Benkel Kawan, patut diancungi jempol dimana mereka sangat antusias walaupun menggotong wadah sangat jauh dibawah terik matahari dengan jalan naik turun. Orang-orang disini sangatlah patuh dan menjunjung tinggi rasa persaudaraan dengan kesederhanaan.
Share on Google Plus

About Kerta Sedana Transport

Roni Family adalah sebuah keluarga sederhana yang tinggal di sebuah desa di bagian barat pulau Bali dengan berbagai kegiatan sehari-hari seperti keluarga orang Bali pada umumnya. Kami berharap semoga blog kami dapat memberikan informasi atau pencerahaan bagi siapa saja yang telah mengunjunginnya. Atas kunjungan anda kami mengucapkan banyak terimakasih .
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment