Tumpek Landep Mempertajam Pikiran dan Syukur Kepada Tuhan

Tumpek Landep adalah salah satu hari suci agama Hindu terutama di Bali dimana pada hari tersebut umat Hindu melakukan persembahyangan dan persembahan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasi sebagai Sang Hyang Pasupati. Pada hari raya Tumpek Landep, semua umat Hindu di Bali memberikan upacara khusus kepada semua senjata tajam terutama keris dan pusaka lainnya serta barang – barang yang dapat membantu dalam pekerjaan sehari – hari. Di Bali pada saat sekarang ini, tidak begitu banyak ditemui warga yang memiliki keris sebagaimana leluhur mereka bahwa setiap rumah tangga memiliki barang tersebut sebagai symbol kejayaan dan keutuhan berkeluarga.


Hakekat Tumpek Landep


Hakekat hari raya Tumpek Landep adalah sangat sederhana sekali dimana Umat Hindu memuja kebesaran Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam tugasnya sebagai Sang Hyang Pasupati yang menguasai semua kekuatan senjata tajam dan kejayaan hidup di dunia ini. Jadi hakekatnya bahwa Umat Hindu senantiasa mengingat pada dirinya dan selalu mengasah ketajaman pikiran guna menciptakan kesejahteraan dan keharmonisan dalam kehidupan sehari- hari.


Pelaksanaan Tumpek Landep


Pelaksanaan hari raya Tupek Landep di Bali sangat unique dan sederhana dimana di masing-masing keluarga melakukan upacara kepada semua peralatan, senjata tajam dan barang-barang yang berhubungan kehidupan sehari-hari seperti kendaraan bermotor , televisi, radio, keris, tumbak dan lain sebagainya. Walaupun sejatinya upacara ini pada hakekatnya memberikan upacara kepada senjata tajam seperti diuraikan diatas, namum karena rasa bakti yang begitu besar untuk mewujudkan Jagatdhita, sejahtera dan makmur sesuai tujuan Agama Hindu itu sendiri maka benda-benda diatas ikut di berikan penghargaan seperti itu.
Share on Google Plus

About Kerta Sedana Transport

Roni Family adalah sebuah keluarga sederhana yang tinggal di sebuah desa di bagian barat pulau Bali dengan berbagai kegiatan sehari-hari seperti keluarga orang Bali pada umumnya. Kami berharap semoga blog kami dapat memberikan informasi atau pencerahaan bagi siapa saja yang telah mengunjunginnya. Atas kunjungan anda kami mengucapkan banyak terimakasih .
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Terima kasih karena telah ikut mempromosikan Obyek Wisata Tanah Lot.

    ReplyDelete